SEKILAS INFO
13-04-2021
  • 7 bulan yang lalu / Merasa Termotivasi Saja Tidak Cukup; Inilah Perspektif “Kegagalan”
  • 8 bulan yang lalu / Mewaspadai Jebakan-Jebakan Dalam Standar Pendidikan
  • 10 bulan yang lalu / Education 1.0, Education 2.0, Atau Education 3.0; Anda Berada Di Posisi Mana?
18
Jan 2021
0

H. Novrizal Nawawi, LC., M.Pd.I

Pengajian guru dan karyawan SMA Muhammadiyah 1 Palembang yang berlangsung pada sabtu 16 Januari 2021, pengajian ini dipandu dan dibuka oleh bapak basith assiri, S.Pd.I beliau menyampaikan secara lugas susunan kegiatan pengajian mulai dari pembukaan, sambutan oleh kepala sekolah, kegiatan inti yang disampaikan oleh pemateri, tanya jawab dan penutup.

Kepala sekolah melalui sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak/ibu guru dan karyawan yang telah hadir dalam kegiatan pengajian ini, beliau menyampaikan terimakasih pula kepada pemateri yang telah meluangkan waktunya untuk menjadi pemateri ditengah kesibukannya. Ini merupakan pengajian rutin diselenggarakan oleh SMA Muhammadiyah 1 Palembang yang ketujuh harapannya kita dapat mengupgrade pengetahuan melalui pengajian ini.

H. Novrizal Nawawi, LC., M.Pd.I

Menyampaikan hadits

Dari Abu Sa’id Al-Khudriy r.a, Rasulullah SAW bersabda,

الْأَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ إِلَّا الْمَقْبَرَةَ وَالْحَمَّامَ

Bumi ini semuanya merupakan masjid (tempat sujud untuk sholat) kecuali kuburan dan kamar mandi.”

Dari hadits ini kita dapat menyimpulkan bahwasannya, semua bagian di muka bumi ini bisa kita jadikan sebagai tempat untuk beribadah kecuali kuburan dan kamar mandi. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi kita untuk meninggalkan ibadah kepada Allah SWT, khususnya ibadah sholat.

Beliau menyampaikan dan mengajak melalui kegiatan ini menjadikan kita untuk mengingat Allah sehingga insyaallah dinilai ibadah oleh Allah SWT. Pengajian ini merupakan majelis ilmu yang merupakan ibadah, menurut beliau merupakan ibadah yang lebih besar ganjarannya ketimbang sholat sunnah apabila dilakukan dengan niat yang tulus.Beliau menyampaikan semua kegiatan kita dimuka bumi ini dinilai ibadah oleh Allah SWT jika dilandasi dengan niat. Ibadah merupakan pengabdian atau penghambaan, menurut beliau ibadah yang sempurna itu merupakan ketaatan selanjutnya dilanjutkan dengan ketundukan atau kepatuhan.

إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ 

Artinya: Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam 

Bacaan ini mengandung makna yang luar biasa bagi diri seorang hamba yang beriman kepada Allah Swt. Sebagaimana yang diketahui, sholat merupakan kewajiban yang pertama kali diperintahkan oleh Allah Swt kepada Rasulullah Saw. Bahkan, perintah tersebut berbeda dengan perintah-perintah ibadah lainnya. Sebab, perintah ibadah selain sholat, disampaikan Allah Swt melalu perantaraan malaikat Jibril. Sedangkan, perintah sholat langsung diterima oleh Rasulullah Saw ketika Isra’ dan Mi’raj.

Diakhir materinya beliau menyampaikan kita beruntung menjadi umat muslim di Indonesia yang merupakan islam terbesar di dunia serta beliau menyampaikan jika iman sudah bagus dan gerak kehidupan sudah berdasarkan alquran dan hadis, maka kehidupan akan semakin indah dijalani.

Doc. HUMAS SMAMSA 2021